Sabtu, 16 Maret 2013

Yang Penting Semua Cenang....


Khasiat dan Manfaat Temulawak
Written By Aditya Putra on 31 Oktober 2012 | 20.01


Temulawak (Curcuma Xanthoriza) yang berasal dari famili Zingiberaceae, banyak ditemukan di hutan tropis seperti indonesia. Temulawak bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi kurang lebih 1.500 meter di atas permukaan laut. Temulawak mengandung curcumin yang berkhasiat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepatotoksik yang berguna untuk melindungi kesehatan hati (radang hati).
Khasiat temulawak mampu mengatasi beberapa penyakit berat seperti radang empedu, radang ginjal, batu empedu, serta anti tumor dan kanker.
Manfaatkan lain dari temulawak adalah sebagai bahan untuk kosmetik, pewarna makanan dan minuman yang aman.
Penggunaan temulawak sebagai kecantikan dan berbagai jenis penyakit bisa anda ketahui berikut ini:

Untuk obat yang diminum
Gunakan 2 jari rimpang segar, lalu rebus dan ambil airnya untuk diminum, jika kurang suka dengan rasanya, pada saat merebus tambahkan gula batu secukupnya.
Selain itu rimpang temulawak yang telah dikeringkan bisa diseduh dengan air panas.
Untuk pemakaian luar, cuci rimpang sampai bersih, lalu parut. Hasil parutan bisa digunakan sebagai masker untuk mengobati jerawat dan flek hitam dimuka.

Pelancar ASI
Cuci 20g rimpang segar temulawak, lalu parut, peras dan saring, selanjutnya rebus sampai mendidih. Setelah dingin, tambahkan 2 sendok makan madu aduk rata, lalu diminum. Lakukan pagi dan sore dengan takaran yang sama.

Menurunkan kadar kolesterol dan darah tinggi
Kupas kulit rimpang temulawak segar sebesar 3 jari, lalu parut. Tambahkan 3/4 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang dan airnya diminum. Lakukan setiap hari.

Hepatitis
Rimpang temulawak segar sebesar 2 jari dikupas lalu diparut. Tambahkan air panas sebanyak 1/2 cangkir dan 1 sendok madu. Aduk campuran sampai merata dan biarkan mengendap. Setelah mengendap, buang endapannya dan minum airnya. Lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh.
Rebus 10g rimpang temulawak kering dan 30g akar alang-alang (Imperata cylindrica) dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

Wasir
Rimpang temulawak sebesar jari, kelembak (Rheum officinalle Baill) sebesar 3/4 jari, 1 genggam pegagan (Centella asiatica L), 1 genggam daun saga (Abrus precatoris L) dan gula neau sebesar 3 jari. Cuci bahan-bahan tersebut, lalu potong-potong seperlunya.
Rebus bahan-bahan tersebut dalam 5 gelas air bersih sampai tersisa separuh. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 3 kali, masing-masing 1/3 bagian. Lakukan pengobatan ini setiap hari.

Jerawat
Cuci rimpang temulawak sebesar 1 jari, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya rebus dalam 4 gelas minum air bersih sampai tersisa separuh. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu kedalam air saringan seperlunya, lalu diminum. Pengobatan dilakukan sehari 2 kali, setiap kali minum cukup 1 gelas.

Diare
Cuci rimpang temulawak sebesar 1/2 ibu jari, panggang sampai hangus. Giling bahan tersebut sampai halus, lalu seduh dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu aduk sampai rata, lalu diminum 2 kali sehari sampai sembuh.

Sembelit
Sediakan rimpang temulawak dan buah asam (Tamarindus indicaL.) masak (masing-masing sebesar 1 jari), gula enau secukupnya. Potong tipis-tipis, lalu seduh dengan 1 cangkir air mendidih. Aduk sampai gulanya larut dan minum setelah dingin.

Nyeri haid
10 iris rimpang temulawak, asam kawak, sebesar telur burung puyuh dan gula enau sebesar 3 jari. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 2 gelas air sampai tersisa separuh. Setelah dingin, minum ramuan tersebut. Lakukan setiap hari selama 1 minggu sebelum haid.

Demam
Rebus 1 jari rimpang temulawak yang telah diiris tipis-tipis dan 5 batang meniran dengan akarnya dalam 5 gelas air bersih sampai tersisa separuh. Setelah dingin, saring dan air saringan dibagi untuk 3 kali minum, pagi, siang dan sore.

Penambah nafsu makan
Sediakan 20g rimpang temulawak segar yang telah diiris tipis-tipis, 10g asam jawa dan 30g gula enau. Masukkan bahan-bahan tersebut kedalam panci email, lalu rebus dalam 250 cc air sampai mendidih selama 15 menit. Selanjutnya saring dan minum ramuan tersebut selagi hangat, sehari 2 kali, masing-masing 1/2 bagian.

1 komentar: